5 March 2018

3 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Sensitif

Posted by Achmad Nawawi under: Kulit .

Cara mengatasi kulit kering dan sensitif tidaklah sulit. Dengan melakukan perawatan sederhana secara rutin maka masalah ini bisa diatasi.

Kulit yang kering dan sensitif memang terkadang membawa masalah. Orang yang memiliki jenis kulit kering dan sensitif seperti ini biasanya lebih rentan terserang jerawat, iritasi, gatal-gatal dan alergi.

Selain itu orang yang memiliki jenis kulit kering juga akan mengalami sensasi seperti kulit di tarik-tarik, kering, atau bahkan mengelupas dan perih ketika terpapar oleh cuaca dingin atau udara yang kering. Sebagai contoh jika berada di daerah yang dingin atau sedang dalam ruangan ber-AC. Orang yang memiliki kulit kering juga biasanya akan mengalami perih pada bibir jika berada dalam ruangan ber-AC.

Nah untuk itu bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering dapat melakukan beberapa perawatan alami untuk mengatasi permasalahan tersebut.

 

Berikut ini adalah 3 cara untuk mengatasi kulit kering dan sensitif:

1. Memakai pelembap kulit

Cara untuk mengatasi kulit kering dan berminyak yang pertama adalah dengan memakai pelembab kulit. Benar sekali, ini memang cara yang sudah di ketahui oleh banyak orang, tapi kebanyakan malah malas melakukannya.

Apabila Anda sudah mengetahui bahwa Anda memiliki jenis kulit yang kering, maka jangan malas untuk memakai pelembab. Terlebih jika Anda harus melakukan kegiatan di luar ruangan dalam waktu yang lama, udara dan sengatan matahari akan membuat kulit Anda tambah kering. Oleh karena itu pakailah pelembab.

Selain itu pelembab juga bisa melindungi kulit dari berbagai masalah yang bisa muncul akibat kekeringan seperti iritasi, gatal, dan jerawat. Pilihlah jenis pelembab yang paling cocok dengan jenis kulit Anda.

2. Mandi air hangat

Cara mengatasi masalah kulit kering dan sensitif yang kedua adalah dengan mandi air hangat. Bukankah ini cara yang menyenangkan?

Selain bisa mengatasi kulit yang kering, mandi air hangat juga bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Hal ini karena pada saat mandi air hangat otot dan saraf pada tubuh akan mengendur, sehingga Anda akan merasakan sensasi lebih tenang dan santai.

Mandai air hangat bisa dilakukan setiap sore. Tapi ingat Anda tidak boleh menggunakan air yang terlalu panas. Campurkan dengan air dingin jika air yang dipakai dirasa masih terlalu panas. Apalagi jika Anda laki-laki, mandi air yang terlalu panas dapat mengganggu kesuburan.

3. Rajin minum air putih dan mengonsumsi sayur dan buah

a
Cara untuk mengatasi kulit kering dan sensitif yang terakhir adalah dengan rajin minum air putih dan makan sayur dan buah.

Kulit menjadi kering salah satu penyebabnya adalah kekurangan cairan. Nah hal ini bisa diatasi dengan memenuhi kebutuhan cairan Anda setiap harinya. Cara yang paling gampang adalah dengan minum air 8 gelas sehari dan perbanyak makan sayur dan buah.

Sayur dan buah selain dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh juga mengandung banyak nutrisi yang diperlukan kulit. Beberapa nutrisi yang diperlukan oleh kulit dan terkandung dalam buah seperti vitamin E, C, kolagen, dan antioksidan. Dengan rajin mengonsumsi sayur dan buah maka kulit Anda akan menjadi lebih sehat.

Nah itulah 3 tips cara mengatasi masalah kulit kering dan sensitif dengan cepat dan alami. Selamat mencoba !

Leave a Reply