27 October 2019

Cara Menggunakan Pages untuk Mengetik di MacBook

Posted by Achmad Nawawi under: Teknologi .

Fitur-fitur yang ada pada MacBook memang berbeda dengan yang ada di Laptop windows. Apabila pada laptop windows pengguna bisa mengetik menggunakan Microsoft word, excel, dan lainnya.

Pada MacBook tidak terdapat MS. Word. Akan tetapi, pada MacBook terdapat fitur atau layanan berupa pages yang bisa digunakan untuk mengetik. Berikut ini adalah cara menggunakan pages untuk mengetik di MacBook.

Cara Menggunakan Pages untuk Mengetik di MacBook

Membuat Dokumen Baru

Pengguna bisa membuka Pages kamudian bisa memilih ikon pages yang berada di Dock, Launchpad ataupun pada folder aplikasi. Setelah berhasil membuka, pengguna akan diminta untuk memilih beberapa tempelate. Kemudian tahan pada tombol option dan pengguna bisa memilih menu file kemudian pilih baru.

Pada pemilihan tempelate pengguna bisa memilih jenis dokumen yang akan dibuat kemudian pengguna bisa melakukan klik sebanyak dua kali untuk membuka dokumen tersebut. Selain membuat dokumen, pengguna juga bisa mengedit file atau dokumen menggunakan menu pages.

Membuat Tabel

Pada MacBook memang menyediakan fasilitas atau fitur pages untuk mengetik dan juga mengedit. Selain itu, pengguna juga bisa membuat tabel di dalam file yang digunakan untuk mengetik. Caranya adalah pengguna bisa meletakkan kursor pada tempat halama file yang ingin digunakan untuk membuat tabel.

Setelah itu, pengguna bisa mengatur tabel sesuai dengan paragraf yang sudah diketik. Maksudnya adalah apabila paragraf diatur ke kanan maka tabel akan ikut ke kanan. Hal tersebut juga berlaku apabila digunakan untuk rata kiri dan rata tengah. Walaupun begitu tabel juga bisa tetap pada halaman yang diinginkan sehingga tidak mengikuti aturan rata paragraf.

Mengubah warna baris pada tabel

Selain membuat tabel di aplikasi Pages pada MacBook. Pengguna juga bisa menambahkan atau mengubah warna yang ada pada baris tabel. Caranya adalah dengan mengatur dan menyesuaikan tabel dengan menu format yang sudah tersedia.

Menu format ini sebenarnya sama dengan menu yang terdapat pada MS word yang ada di laptop windows. Pengguna hanya perlu memahami dan mengetahui letak menu bar dan juga tool bar yang ada pada aplikasi pages tersebut. cara menyesuaikan atau mengubahnya adalah dengan cara memilih tabel yang akan diubah warnanya. Kemudian klik pada bagian tabel yang ingin diubah warnanya.

Setelah itu, pengguna bisa menuju menu bar Format yang letaknya berada di bagian samping. Kemudian pilih tab tabel. Setelah itu, centang kolom-kolom yang ingin digunakan untuk menyelingi warna pada baris. Setelah memilih warna yang sesuai atau yang diinginkan untuk mengubah warna pada tabel. Selanjutnya, pages akan secara otomatis berubah menjadi warna yang sudah dipilih.

Memberi Nama Dokumen

Biasanya pada MS word, pengguna hanya perlu mengklik pada menu file kemudian akan muncul pilihan save atau save as yang berarti file tersebut akan tersimpan dengan pilihan nama yang sudah diberikan sebelum menyimpan dokumen. Pada MacBook aplikasi Pages juga bisa digunakan untuk memberi nama pada dokumen atau file yang akan disimpan. Caranya adalah pilih menu file kemudian pilihlah simpan atau save. Setelah itu, pengguna bisa memasukkan nama yang diinginkan kemudian memilih tempat penyimpanan atau folder penyimpanan kemudian pilih dengan mengklik “simpan”. Cara untuk menyimpan file dan juga menamai file memang sangat sama dengan menggunakan MS. word sehingga tidak terlalu susah.

Menutup Pages

Cara menutup pages setelah mengetik beberapa kalimat dalam pages adalah sama dengan menggunakan MS. Word yaitu cukup  mengklik tombol berwarna merah yang terdapat di atas pojok kiri. Maka dokumen akan tersimpan secara otomatis sehingga pengguna file yang sudah diketik tidak akan hilang.

Itulah beberapa cara menggunakan pages untuk mengetik di MacBook. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply