29 October 2019

Tips Membeli Smartphone secara Online

Posted by Achmad Nawawi under: Teknologi .

Dalam dunia yang sudah canggih, menggunakan smartphone memang menjadi kebutuhan hampir seluruh kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja sampai dewasa. Biasanya seseorang akan membeli produk ponsel yang cocok dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan penggunanya. berikut ini adalah beberapa tips membeli smartphone secara online.

Tips Membeli Smartphone secara Online

Penipuan

Hal yang harus diperhatikan pertama adalah segala jenis penipuan. Dalam semua hal pekerjaan ataupun pembelian memang kerap terjadi penipuan. Bentuk penipuan juga bisa bermacam-macam sehingga sebelum membeli ponsel harus diketahui terlebih dahulu siapa yang menjual. Biasanya kasus ini terjadi di media sosial Facebook. Banyak sekali kasus penipuan menjual Hp dengan cara menggunakan akun orang lain atau cara kasarnya adalah menghack akun.

Biasanya bentuk penipuan seperti ini adalah dengan cara memasang harga yang sangat murah dari biasanya. Untuk itu, perlu berhati-hati apabila ingin membeli ponsel melalui media sosial facebook karena sangat rawan oleh penipuan. Walaupun pengguna kenal dengan orang yang menjual ulang produk ponsel di facebook tetapi calon pembeli harus terlebih dahulu mempertimbangkan apabila harga yang dipasang benar-benar sangat murah atau melakukan penjualan secara memaksa kepada calon pembeli. Jadi, kalau sekadar saran alangkah lebih baik tidak melakukan pembelian melalui media sosial facebook.

Melalui WhatsApp

Maksud dari tips yang kedua adalah apabila memang terdapat teman-teman yang menjual produk ponsel melalui media sosial whatsapp. Berbeda dengan facebook, whatsapp lebih terjamin keamanannya karena whatsapp lebih bersifat privasi atau tertutup daripada facebook yang cenderung sangat terbuka. Cara untuk mengetahuinya biasanya teman yang menjual ulang atau reseller ponsel akan memberikan gambar berupa harga dan jenis smartphone di status whatsapp yang dimiliki. Calon pembeli bisa bertanya tentang harga dan juga proses pembayaran.

Harga

Selain cara membeli melalui media sosial, sudah saya singgung pada bagian pertama bahwa harga memang sangat penting dalam pembelian. Pasalnya harga juga akan menentukan kualitas produk ponsel yang akan dibeli atau digunakan. Biasanya jika memang merek ponsel terbaru atau baru diluncurkan pasti harganya cukup mahal karena sifatnya yang baru dengan beberapa fitur yang baru juga. Apabila terdapat harga ponsel yang murah atau diskon biasanya berlaku pada produk Hp yang sudah keluar atau diluncurkan satu tahun atau beberapa bulan sebelumnya.

Pilihlah ponsel yang sesuai dengan kebutuhan

Melalui kecanggihan dan perbaharuan dari segala jenis ponsel maka sudah banyak ponsel-ponsel yang berkualitas tinggi. Akan tetapi biasanya calon pembeli masih menimbang-nimbang dengan harga yang cukup mahal. Calon pemberi bisa terlebih dahulu memikirkan kebutuhan apakah yang paling penting untuk membeli Hp.

Misalkan untuk menggunakan media sosial untuk berkomunikasi bisa membeli produk Hp yang tidak terlalu mahal asalkan bisa digunakan untuk mengunduh beberapa aplikasi. Apabila ingin menggunakn Hp untuk keperluan swafoto, bisa mencari kualitas kamera Hp terbaik. Dan begitulah semuanya harus dipertimbangkan terlebih dahulu

Jual Beli Online

Dalam jual beli online melalui buka lapak, shopee atau lainnya memang sudah bisa dipercaya dengan adanya banyak orang yang menggunakannya. Calon pembeli bisa mempertimbangkan membeli melalui aplikasi jual beli online apabila tidak menemukan teman di whatsapp yang menjual produk Hp.

Selain beberapa tips di atas, calon pembeli ponsel juga harus mengetahui seluk beluk ponsel seperti kualitas ponsel, macam-macam atau merek ponsel, harga ponsel dan lain sebagainya. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan sebelum membeli smartphone secara online. Itulah beberapa tips sebelum melakukan pembelian smartphone secara online. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply